Pencarian

Memuat...

Selasa, 16 Oktober 2012

SEMANGAT PEMUDA DALAM ASPEK PENDIDIKAN, OLAHRAGA, DAN PARIWISATA DALAM PEMBANGUNAN KABUPATEN KARIMUN


        Pemuda adalah seorang individu yang memiliki ketangguhan, semangat yang tinggi, bakat yang terpendam dalam jiwanya dan sebagai generasi penerus bagi pembangunan bangsa menuju arah yang lebih baik. Pemuda merupakan bagian penting dalam pembangunan daerah kita yaitu Kabupaten Karimun yang kita cintai.
          Kabupaten Karimun adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Kepulauan Riau yang mempunyai sumber daya alam dan sumber daya manusia yang besar. Dengan adanya potensi ini, diharapkan peran pemuda untuk membawa kemajuan pembangunan kabupaten Karimun. Peran Pemuda dalam pembangunan adalah khususnya memberikan ide-ide atau gagasan yang membangun, mengembangkan bakat, baik itu dalam aspek pedidikan, olahraga, atau pun pariwisata yang terpendam dalam jiwa seorang pemuda yang bermanfaat bagi masyarakat serta melakukan hal-hal yang strategis yang bersifat membangun daerah, bangsa dan negara.
          Semangat pemuda adalah hal yang penting untuk mewujudkan karakter suatu daerah atau bangsa dalam aspek pendidikan, olahraga, dan pariwisata yang mampu berdaya saing tinggi di tingkat nasional bahkan internasional. Seperti apa yang dikatakan H. Rhoma Irama dalam lirik lagunya “Masa Muda Masa yang Berapi-api”. Kata itu berarti saat masa muda itu para pemuda pemudi mempunyai semangat yang berkobar seperti api. Dengan semangat yang tinggi tersebut marilah kita para pemuda isi dengan semangat positif. Seorang pemuda harus memiliki ciri yang berani bermimpi dan berniat, andalkan diri sendiri tanpa campur tangan orang lain, dan berani berbuat/beraksi. Tetapi bukan seperti pemuda sekarang, yang masih terkesan terhadap masalah-masalah social di lingkungan. Pemuda saat ini telah terpengaruh dalam hal pergaulan bebas, penyalahgunaan narkotika, kenakalan remaja, bahkan kemajuan teknologi seharusnya membuat mereka terfasilitasi untuk menambah wawasan dan bertukar informasi malah di salahgunakan.
     Sebagai pemuda harus sadar diri bahwa pentingnya dirinya sebagai generasi penerus dalam pembangunan, mungkin di mata kita pemerintah sendiri tidak cukup baik mengusahakan kesejahteraan bangsa dan daerah. Jadi jangan hanya bisa kritik, menyanggah, atau mencela saja. Itu semua tidak dapat membangun daerah yang khususnya daerah kita yaitu Kabupaten Karimun.
          Suatu daerah  masih membutuhkan pemuda yang memilki kematangan intelektual, kreatif, percaya diri, inovatif, dan semangat yang tinggi dalam pembangunan daerah. Tanamkan semangat yang tinggi untuk aktif mendorong percepatan pembangunan Kabupaten Karimun untuk terciptanya percepatan pembangunan Kabupaten Karimun yang kita harapkan, maka harus bertindak aktif dalam pembangunan daerah melalui aspek seperti : 
  1.   Aspek Pendidikan.
        Pendidikan adalah proses seorang individu memperoleh pengetahuan, wawasan, mengembangkan sikap, keterampilan, dan mengembangkan potensi diri untuk memiliki spiritual keagamaan, pengendalian diri, mental, kecerdasan, kepribadian, ahklak mulia yang diperlukannya. Peranan pendidikan sangat penting dalam pembangunan suatu daerah karena suatu daerah yang memiliki mutu pendidikan yang baik cenderung daerahnya juga maju. 
     Jika suatu daerah memiliki generasi penerus yang cerdas maka akan memajukan pembangunan daerahnya. Untuk kemajuan pembangunan daerah, pemuda harus mementingkan pendidikan yang berguna untuk masa depan daerah  begitu juga dengan dirinya sendiri sehingga para pemuda harus terus semangat belajar dan tidak boleh ada kata “Bosan” dalam belajar. 
        Disinilah terlihat keikutsertaan para pemuda dalam pendidikan, sebagai contohnya : Di daerah saya yaitu Kecamatan Moro Kabupaten Karimun. Para pemuda setiap hari menuju kesekolah yang berasal dari pulau, harus menyeberang lautan dan setelah itu jalan kaki ke sekolah yang harus menempuh jarak sejauh 2-3 Km dan begitu juga pulang sekolah. Dengan semangatnya para pemuda tidak pernah putus asa untuk menuntut ilmu ke sekolah dan mengembangkan prestasi, bakat, dan potensi yang dimiliki demi masa depan dan pembangunan daerah kabupaten Karimun.
Perjalanan Pemuda Ke Sekolah
     Setelah pulang sekolah istirahat, pada sore hari para pemuda bersemangat lagi ke sekolah untuk melaksanakan belajar tambahan yang akan dijadikan sebagai bekal untuk melaksanakan tugas yang berat yaitu Ujian Nasional dan begitu juga melaksanakan kegiatan ekstrakulikuler untuk mengembangkan bakat para pemuda yang berguna untuk kemajuan Kabupaten karimun.
Belajar Tambahan Setelah Pulang Sekolah
     2.    Aspek Olahraga 

        Olahraga merupakan aktivitas yang sangat penting untuk mempertahankan kebugaran seseorang. Begitu juga, aspek olahraga juga sangat membantu terciptanya pembangunan Kabupaten Karimun. Dalam aktivitas olahraga tentu ada aspek positifnya. Aspek Positifnya yaitu mampu mengangkat harga diri pemuda olahraga, pelatih/Pembina atau pun daerah yang dapat menciptakan kesejahteraan dan martabat suatu daerah dan bangsa di dalam negeri atau pun di luar negeri.
      Peran pemuda sangat penting dalam bidang olahraga untuk pembangunan daerah. Untuk kemajuan daerah kabupaten Karimun ini, pemuda harus semangat mengembangkan bakat/potensi dibidang olahraga apapun sehingga kita berkompetensi, selain untuk meraih kemenangan juga dapat mengangkat harga diri daerah kita untuk terciptanya percepatan pembangunan Kabupaten Karimun. Semangat pemuda karimun telah membuktikan keikutsertaan mereka dalam pembangunan di bidang olahraga. Pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah di buktikan dengan prestasi yang di raih dari tahun ke tahun  semakin meningkat. 
Prestasi yang diraih oleh Pemuda Karimun


         Sebagai contoh, di daerah saya Kecamatan Moro Kabupaten Karimun, terdapat seorang atletik pelari yang bernama M. Asri.Dia telah  menyumbang 2 medali emas di bidang olahraga Lari yang di ajang nomor lari 5K dan 1500 m. Semangat pemuda ini sangat menakjubkan, pemuda ini setiap hari latihan kecuali hari minggu dengan meraton di sore hari mengelilingi Kecamatan Moro sekitar 7-8 Km dari sekolah saya SMA Negeri 1 Moro ke daratan yang penuh dengan bukit. Meskipun berkali-kali kata lelah yang diucapkan, tetapi ia terus bersemangat untuk mencapai keinginannya untuk meraih prestasi dalam Pekan Olahraga Nasional begitu juga dalam dunia internasional yang akan menghasilkan kebanggaan dan mengharumkan nama kabupaten Karimun. 


Begitu juga dengan atletik lain dibidang olahraga lain, seperti Volley Ball, Futsal, Sepak Takraw dan lain-lain.
Sepak Takraw



   3.   Aspek Pariwisata

      Aspek pariwisata merupakan sektor yang penting bagi pembangunan ekonomi daerah. Karena pariwisata mencakup pengaturan pergerakan wisatawan dari negara asalnya, di daerah tujuan wisata, hingga kembali ke negaranya yang melibatkan berbagai hal seperti, transportasi, penginapan, restoran, pemandu wisata, dan lain-lain. Aspek pariwisata mempunyai peran yang penting dalam pembangunan daerah. 
          Di Kabupaten Karimun banyak terdapat tempat-tempat pariwisata tetapi tidak menjaganya dan hanya memanfaatkannya. Sebagai pemuda penerus dalam pembangunan daerah harus semangat ikut serta dalam memelihara sumber daya alam dan budaya yang dimiliki di daerah. Dengan cara seperti, melestarikan budaya-budaya contohnya tarian asli Kabupaten Karimun baik didalam daerah maupun dipublikasikan ke dunia maya yang dapat cepat di ketahui oleh masyarakat luar negeri sehingga meningkatkan minat wisatawan untuk mengunjungi objek-objek wisata.


Dengan mengadakan Parade Tari merupakan salah satu cara melestarikan tarian-tarian asli Kab. Karimun
      Memelihara/manjaga kebersihan lingkungan, tempat yang memiliki sejarah, dan tempat-tempat wisata seperti pantai, rumah adat dan lain-lain.

Tempat-tempat Pariwisata yang terdapat di Kabupaten Karimun

     Dalam pembangunan Kabupaten Karimun ini aspek pendidikan, olahraga, dan pariwisata sangat diperlukan karena seperti yang kita kenal Kabupaten Karimun memiliki moto pembangunan yaitu 4 azam Kabupaten Karimun yang bunyinya :

    1.   Azam Peningkatan Iman dan Taqwa
        Upaya menanamkan sikap mental berbudi luhur dan berakhlak mulia serta memiliki sandaran vertikal yang kokoh sehingga pelaksanaan pembangunan akan lebih terarah & bertanggung jawab.

   2.   Azam Pembangunan Ekonomi yang Berdimensi Kerakyatan
        Upaya untuk meningkatkan pendapatan & kesejahteraan masyarakat, antara lain peningkatan sarana & prasarana produksi, sehingga pertumbuhan ekonomi berlangsung secara sinergis dengan pemerataan pendapatan.

  3.    Azam Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia
       Upaya untuk mempersiapkan SDM yang berkualitas, sehingga mampu menggali & mengembangkan aset & potensi yang ada.

  4.   Azam Pengembangan Seni dan Budaya
   Upaya menggali khazanah budaya melayu yang merupakan ciri khas daerah sehingga mampu mempertahankan kepribadian dengan nilai luhur bangsa dari pengaruh & tantangan yang datang dari luar.

      Pembangunan saat ini memerlukan dukungan para pemuda yang memiliki visioner, yakni pemuda yang memiliki pandangan yang lebih maju. Pemuda yang semangat, senantiasa aktif dalam meningkatkan partisipasi dan dukungan terhadap pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat. Sebagai pemuda di tuntut untuk aktif malaksanakan kegiatan-kegiatan yang bersifat membangun dan diharapkan untuk membawa perubahan bagi Kabupaten Karimun. 
     Belum di coba jangan bilang tidak bisa. Satu kali coba memang tidak bisa, dua kali coba jangan putus asa, tiga kali coba pasti bisa. Semangat dan percaya diri ini harus selalu di jaga untuk berbuat yang terbaik untuk kemajuan, kejayaan dan martabat yang akan membawa perubahan untuk Kabupaten Karimun. Sekaligus merupakan cermin dari hakikat, semangat dan jiwa sumpah pemuda.


Orang Bujang Memancing Ikan
Memancing Ikan Menggunakan Joran
28 Oktober Jangan Dilupakan
Sumpah Pemuda Jadi Kenangan.


Jalan-jalan Keliling Kota
Keliling Kota Naik Sepeda
Keberhasilan Bangsa Ditangan Pemuda
Mari Bersama Memajukannya 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar